MATERI AJAR KELAS 3B, SELASA 5 JANUARI 2021
MATERI AJAR
Kelas : III
Hari/Tanggal : Selasa, 5 januari 2021
Tema 5 : cuaca
Ayo anak ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu siapkan untuk belajar.
Musim Hujan
Hujan deras
turun semalaman.
Pagi hari
terasa lebih dingin.
Udin, Edo,
dan Beni berangkat sekolah bersama.
Edo memakai
jaket ke sekolah.
Jaket
berguna untuk melindungi tubuh dari udara dingin.
Kita
memerlukan pakaian tambahan saat udara dingin.
Pakaian
tambahan jaket atau sweater membuat tubuh hangat.
Makanan juga
dapat membuat tubuh hangat.
Begitu juga
minuman. Banyak makanan dan minuman yang dapat menghangatkan tubuh.
Edo dan
kawan-kawan berdiskusi dengan serunya.
Mereka akan
mengadakan festival makanan daerah.
Setiap siswa
membawa makanan dari daerah asalnya.
Kemudian,
mereka memberikan penjelasan singkat tentang makanan tersebut.
Ayoo Berdiskusi
Edo maju ke
depan kelas untuk memimpin diskusi.
Edo mendata
daerah asal teman-teman di kelas.
Daerah asal
yang dimaksud adalah daerah asalusul orang tuamu.
Yuk, kita
bantu Edo. Isilah tabel di bawah ini.
Isi sesuai
daerah asal teman-teman di kelasmu.
Daerah asal
teman-teman di kelas sangat beragam.
Di
Indonesia, asal-usul orang tua menjadi daerah asal kita.
Walaupun
kita lahir di daerah yang berbeda
tetapi
daerah asal orang tua tetap dianggap daerah asal kita.
Ini
membuktikan Indonesia terdiri atas beragam daerah.
Indonesia
juga memiliki banyak suku bangsa.
Kita mungkin
berbeda daerah dan suku bangsa.
Akan tetapi,
kita tetaplah satu bangsa Indonesia.
Hari mulai
beranjak siang.
Matahari
bersinar cerah. Edo membuka jaketnya.
Dia mulai
merasa gerah. Keadaan cuaca dalam satu hari bisa berubahubah.
Pagi hari,
cuaca mendung.
Siang hari,
cuaca bisa menjadi panas.
Sore hari,
cuaca bisa berubah hujan. Tahukah kamu apa itu cuaca?
Cuaca adalah keadaan udara pada suatu
tempat.
Cuaca
terjadi pada jangka waktu tertentu.
Keadaan
cuaca dapat berubah-ubah. Kita dapat meramal keadaan cuaca.
Caranya
dengan mengamati unsur-unsur cuaca.
Misalnya
suhu, kelembaban, dan tekanan udara.
Kita juga
dapat mengamati curah hujan.
Melihat
keadaan awan dan keadaan angin.
Unsur cuaca
tidak sama pada semua tempat.
Cuaca
terjadi pada suatu tempat yang tidak luas.
Terjadinya
pun pada waktu tertentu.
Amati
keadaan di sekitarmu! Bagaimana keadaan cuacanya?
Kegiatan apa
yang dilakukan ketika keadaan cuaca seperti itu?
Dampak apa
yang kita rasakan?
Bagaimana
jika keadaan cuaca seperti itu berlangsung lama?
Pecahan
Ibu membuat
telur dadar satu bundaran besar.
Ibu
memotongnya menjadi 8 bagian.
Setiap
anggota keluarga mendapat 2 potong.
Ini sama
artinya dengan setiap anggota keluarga mendapatkan dua perdelapan bagian telur dadar.
Siti menambahkan
timun pada piring nasi goreng.
Satu buah
timun dipotong menjadi 16 bagian.
Setiap
anggota keluarga mendapatkan 4 potong timun.
Ini sama
artinya dengan setiap anggota keluarga mendapat empat perenam belas bagian
timun.
Ada 1 buah
sosis yang Ibu siapkan.
Satu buah
sosis dipotong menjadi enam bagian.
Sosis dibagi
hanya untuk Ayah, Siti, dan adik.
Masing-masing
mendapat 2 dari 6 potong.
Ini sama
artinya masing-masing mendapat dua
perenam bagian sosis.
Persahabatan Matahari dan Awan
Matahari telah lama bersahabat dengan Awan.Mereka saling membantu satu sama lain.Terkadang, mereka berbagi cerita ataupun keluh dan kesah.Suatu hari, Matahari terlihat kesal. “Aku akan keluarkan sinar terikku untuk bumi,” ucap Matahari. “Mengapa engkau ingin bersinar terik, sahabatku?” tanya Awan. “Aku sedang kesal. Manusia sering tidak disiplin.” jawab Matahari. “Maksudmu, bagaimana? Manusia yang tidak disiplin, mengapa engkau yang kesal?” tanya Awan. “Iya, mereka sering seenaknya saja. Sudah aku bangunkan pagi hari. Menggunakan sinar yang lembut. Akan tetapi, mereka tetap tidak bangun. Saat siang hari, sinarku sangat terik. Mereka malah asyik bermain. Harusnya, mereka beristirahat di rumah. Sinar terikku saat siang hari dapat membakar kulit mereka,” ungkap Matahari.
“Mungkin manusia tidak bermaksud demikian, Matahari? Mereka tetap bermain saat sinarmu terik. Mereka ingin memanfaatkan cuaca cerah itu,” ujar Awan. “Kamu bayangkan, saat wajahmu bersembunyi terus di balik tubuhku, hujan turun sepanjang hari. Manusia tidak dapat melakukan aktivitasnya. Jadi, hari ini, engkau menampakkan wajahmu. Mereka memanfaatkannya untuk bermain.”
Latihan
1. 1. Siapakah
tokoh yang terdapat dalam cerita di atas? .....................................
2. 2. Apa
yang membuat Matahari merasa
kesal?................................................
3. 3. Apa yang telah dilakukan manusia sehingga
Matahari kesal? ....................................
....................................
Tulislah lambang pecahan untuk soal-soal di
bawah ini.






Komentar
Posting Komentar